Rencana pelaksanaan pembelajaran
Nama sekolah :
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Topik : Energi
Kelas/semester : II/II
Alokasi waktu : 1x35 menit
A.
Standar
kompetensi
1.
Mengenal
berbagai sumber energi yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan
kegunaannya.
2.
Mengenal
berbagai bentuk energi yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan
menghematnya.
B.
Kompetensi
dasar
1.
Mengidentifikasi
jenis energi yang paling sering di
gunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya.
2.
Mengidentifikasi
bentuk-bentuk energi dan kegunaannya.
3.
Mendeskripsikan
tentang energi panas, gerak, getaran, dalam kehidupan sehari-hari.
C.
Indikator
pencapaian kompetensi
1.
Menjelaskan
penggunaan energi.
2.
Menjelaskan
cara menghemat energi.
3.
Menyebutkan benda-benda yang dapat
menghasilkan energi
D.
Tujuan
pembelajaran
1.
peserta
didik dapat menceritakan kegunaan sumber energi dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Peserta
didik dapat menyebutkan cara memanfaatkan energi untuk menghematnya dalam
kehidupan sehari-hari.
3.
Peserta
didik mampu menyebutkan benda-benda yang dapat menghasilkan energi.
E.
Materi
ajar
1.
Sumber
energi dan kegunaannya.
2.
Bentuk-bentuk
energi.
3.
Menghemat
energi .
F.
Metode
pembelajaran
1.
Ceramah
2.
diskusi
3.
Pemberian
tugas
4.
praktek
G.
Kegiatan
pembelajaran.
1.
Pembukaan
a.
Guru
mengucap salam
b.
Guru
meminta ketua kelas memimpin do’a.
c.
Guru
mengecek kesiapan fisik dan psikis siswa.
d.
Guru
memberi motivasi siswa supaya lebih bersemangat dalam menerima materi.
e.
Guru
menggali kemampuan awal siswa berkenaan dengan materi yang akan di pelajari.
f.
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan di capai.
2.
Kegiatan
inti
a.
Guru
menjelaskan konsep-konsep dari materi yang akan di jelaskan mengenai energi
dalam kehidupan sehari-hari.
b.
Guru
memberikan tanya jawab pada siswa.
c.
Guru
memberikan penguatan pada siswa.
d.
Siswa
mengerjakan tugas-tugas yang di berikan oleh guru.
e.
Guru
mengawasi siswa yang sedang mengerjakan tugas.
f.
Guru
meminta siswa membentuk kelompok untuk mempraktekkan energi gerak.
g.
Guru
dan siswa bersam-sama membahas hasilnya
h.
Guru
memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya mengenai hal-hal yang belum di
pahami.
i.
Guru
memberikan penguatan dan motivasi pada siswa.
3.
Kegiatan akhir
a.
Guru
dan siswa bersama-sama menyimpulkan hasil pelajaran hari ini.
b.
Guru
memberikan PR pada siswa.
c.
Guru
meminta siswa untuk berdo’a
d.
Guru
memberi salam
H.
Penilaian
1.
Tes
tertulis dalam bentuk Lembar tugas
Format penilaian yang di gunakan
No
|
Nama
peserta didik
|
Aspek
yang di capai
|
Kriteria
penskoran
|
|||
Jawaban
benar
|
Soal
yang tidak di jawab
|
Nomor
soal yang di jawab salah
|
Nilai
yang di capai
|
|||
1.
|
Nia
|
8
|
-
|
2
dan 8
|
80
|
>ada 10
soal
>nilai
setiap soal 10
>nilai
terendah 0
>nilai
tertinggi 100
Contoh nilai nia:
8x10=80
|
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
5.
|
||||||
6.
|
2.
Tes
praktek dalam bentuk kelompok.
Lembar
pengamatan.
NO
|
Nama
siswa
|
performanc
|
produk
|
Jumlah
skor
|
nilai
|
|
kerjasama
|
partisipasi
|
|||||
1..
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
I.
Alat
dan sumber belajar.
1.
Buku
IPA.
2.
Lembar
tugas.
3.
Kincir
angin dari kertas.
Lampiran RPP
Lembar tugas.
Nama :
Kelas/semester :
A.
Lengkapilah
tabel di bawah ini tentang sumber energi yang di pakai dlingkunganmu !
NO
|
Kegunaan
|
Sumber energi
|
1.
|
Memasak di dapur
|
|
2.
|
Membakar sate
|
|
3.
|
Menyetrika pakaian
|
|
4.
|
Menghidupkan mobil mainan
|
|
5.
|
Mengeringkan padi
|
|
6.
|
Penerangan malam hari
|
|
7.
|
Menghidupkan kipas amgin
|
|
8.
|
Menggerakkan jarum jam
|
|
9.
|
Mengeringkan jemuran pakaian
|
|
10.
|
Menghidupkan TV
|
Lampiran RPP
Tugas praktek dalam bentuk kelompok.
1.Tujuan
: membuktikan energi gerak dari kincir angin.
2.
Alat dan bahan: gunting,kertas,dan lidi.
3.
langkah kegiatan:
a.
Siapkan
kincir angin dari kertas.
b.
Tiuplah
kincir angin tersebut? Amatilah apa yang terjadi?
c.
Apabila
angin semakin besar maka kincir angin semakin . . . apabila angin semakin kecil
maka kincir angin semakin . . . . . .
4.
Kesimpulan:
. . . . .
hem masak cuman kincir angin tugas prakteknya mudah bgt gak ada yang lain.....?
BalasHapuskalau anda butuh contoh yang lain ..silahkan cari sendiri lagi... ini hanya contoh mbag..terima kasih
Hapus