Blogger Widgets

Jumat, 20 Juni 2014

Eksak



Rencana pelaksanaan pembelajaran
Nama sekolah              :
Mata pelajaran             : Ilmu Pengetahuan Alam
Topik                           : Energi
Kelas/semester            : II/II
Alokasi waktu             : 1x35 menit
A.    Standar kompetensi
1.      Mengenal berbagai sumber energi yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.
2.      Mengenal berbagai bentuk energi yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan menghematnya.
B.     Kompetensi dasar
1.      Mengidentifikasi jenis energi yang paling  sering di gunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya.
2.      Mengidentifikasi bentuk-bentuk energi dan kegunaannya.
3.      Mendeskripsikan tentang energi panas, gerak, getaran, dalam kehidupan sehari-hari.
C.     Indikator pencapaian kompetensi
1.      Menjelaskan penggunaan energi.
2.      Menjelaskan cara menghemat energi.
3.       Menyebutkan benda-benda yang dapat menghasilkan energi
D.    Tujuan pembelajaran
1.      peserta didik dapat menceritakan kegunaan sumber energi dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Peserta didik dapat menyebutkan cara memanfaatkan energi untuk menghematnya dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Peserta didik mampu menyebutkan benda-benda yang dapat menghasilkan energi.
E.     Materi ajar
1.      Sumber energi dan kegunaannya.
2.      Bentuk-bentuk energi.
3.      Menghemat energi .
F.      Metode pembelajaran
1.      Ceramah
2.      diskusi
3.      Pemberian tugas
4.      praktek

G.    Kegiatan pembelajaran.
1.      Pembukaan
a.       Guru mengucap salam
b.      Guru meminta ketua kelas memimpin do’a.
c.       Guru mengecek kesiapan fisik dan psikis siswa.
d.      Guru memberi motivasi siswa supaya lebih bersemangat dalam menerima materi.
e.       Guru menggali kemampuan awal siswa berkenaan dengan materi yang akan di pelajari.
f.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan di capai.
2.      Kegiatan inti
a.       Guru menjelaskan konsep-konsep dari materi yang akan di jelaskan mengenai energi dalam kehidupan sehari-hari.
b.      Guru memberikan tanya jawab pada siswa.
c.       Guru memberikan penguatan pada siswa.
d.      Siswa mengerjakan tugas-tugas yang di berikan oleh guru.
e.       Guru mengawasi siswa yang sedang mengerjakan tugas.
f.       Guru meminta siswa membentuk kelompok untuk mempraktekkan energi gerak.
g.      Guru dan siswa bersam-sama membahas hasilnya
h.      Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya mengenai hal-hal yang belum di pahami.
i.        Guru memberikan penguatan dan motivasi pada siswa.
3.       Kegiatan akhir
a.       Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan hasil pelajaran hari ini.
b.      Guru memberikan PR pada siswa.
c.       Guru meminta siswa untuk berdo’a
d.      Guru memberi salam





H.    Penilaian
1.      Tes tertulis dalam bentuk Lembar tugas
Format penilaian yang di gunakan
No
Nama peserta didik
Aspek yang di capai
Kriteria penskoran
Jawaban benar
Soal yang tidak di jawab
Nomor soal yang di jawab salah
Nilai yang di capai
1.
Nia
8
-
2 dan 8
80
>ada 10 soal
>nilai setiap soal 10
>nilai terendah 0
>nilai tertinggi 100
Contoh nilai nia: 8x10=80
2.





3.





4.





5.





6.






2.      Tes praktek dalam bentuk kelompok.
Lembar pengamatan.
NO
Nama siswa
performanc
produk
Jumlah skor
nilai
kerjasama
partisipasi
1..






2.






3.








I.       Alat dan sumber belajar.
1.      Buku IPA.
2.      Lembar tugas.
3.      Kincir angin dari kertas.








Lampiran RPP
Lembar tugas.
Nama                           :
Kelas/semester            :
A.    Lengkapilah tabel di bawah ini tentang sumber energi yang di pakai dlingkunganmu !
NO
Kegunaan
Sumber energi
1.
Memasak di dapur

2.
Membakar sate

3.
Menyetrika pakaian

4.
Menghidupkan mobil mainan

5.
Mengeringkan padi

6.
Penerangan malam hari

7.
Menghidupkan kipas amgin

8.
Menggerakkan jarum jam

9.
Mengeringkan jemuran pakaian

10.
Menghidupkan TV



Lampiran RPP
Tugas praktek dalam bentuk kelompok.
1.Tujuan : membuktikan energi gerak dari kincir angin.
2. Alat dan bahan: gunting,kertas,dan lidi.
3. langkah kegiatan:
a.       Siapkan kincir angin dari kertas.
b.      Tiuplah kincir angin tersebut? Amatilah apa yang terjadi?
c.       Apabila angin semakin besar maka kincir angin semakin . . . apabila angin semakin kecil maka kincir angin semakin . . . . . .
4.      Kesimpulan: . . . . .

2 komentar:

  1. hem masak cuman kincir angin tugas prakteknya mudah bgt gak ada yang lain.....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau anda butuh contoh yang lain ..silahkan cari sendiri lagi... ini hanya contoh mbag..terima kasih

      Hapus